Saturday, October 28, 2006

Wapres Ditunggu Para Deklarator Malino Perdamaian Poso

Sabtu, 28 Oktober 2006

Wakil Presiden M.Jusuf Kalla dijadwalkan bertemu dengan para Deklarator Malino untuk perdamaian Poso guna membahas situasi keamanan di bekas daerah konflik itu yang sempat memanas sebulan terakhir.

Pertemuan Jusuf Kalla yang juga motor Deklarasi Malino tahun 2001 itu direncanakan berlangsung di Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Minggu malam, kata
Drs Jethan Towakit MSi, Kepala Biro Infokom Pemprov Sulteng di Palu, Sabtu.

Dijelaskannya bahwa pertemuan Wapres Jusuf Kalla dengan tokoh-tokoh deklarator Malino itu akan didahului acara Halal Bi-Halal dengan pimpinan daerah, tokoh masyarakat, dan pemuka agama se-Sulteng.

"Pertemuan dengan deklarator Malino sendiri sifatnya terbatas," sambungnya.

Wapres Jusuf Kalla tidak mengagendakan mengunjungi Poso selama dua hari berada di wilayah Sulteng. "Agenda Wapres hanya di Palu dan pada Senin (30/10) pagi bertolak kembali ke Jakarta," ujar Towakit.

Sofyan Lembah SH,MH, salah seorang Deklarator Malino, mengaku telah mendapat undangan dari Pemprov Sulteng untuk menghadiri acara Halal Bi-Halal yang dirangkaikan pertemuan dengan Wapres tersebut.

Ia berharap hasil pertemuan dengan Wapres Yusuf Kalla dapat melahirkan sejumlah agenda bersama dalam menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di Poso selama ini.

"Pertemuan dengan pemerintah pusat ini penting sebab beberapa butir kesepakatan Malino seperti pengembalian hak-hak keperdataan para korban kerusuhan Poso hingga saat ini belum berjalan," katanya.

TNI-Polri di Palu Sabtu sore menggelar pasukan pengamanan guna persiapan mengamankan kunjungan kerja Wapres Jusuf Kalla.(*)

No comments: