Sunday, November 19, 2006

Polisi : Konflik Poso Akibat Pertikaian Elit

Senin, 20 November 2006

Jakarta, delapan tahun sudah Poso, Sulawesi Tengah, diwarnai konflik antarwarganya. Kasatgasops Poso Brigjen Pol Muhammad Guntur menyatakan konflik tersebut disebabkan oleh pertikaian yang terjadi di antara elit Politik dan Pemerintahan.

Demikian disampaikan Guntur usai acara permohonan maaf 3 pelaku mutilasi 3 siswi SMU Kristen Poso kepada keluarga korban, di Mabes Polri, Jl.Trunojoyo, Jakarta, Minggu (19/11).

“Komflik Poso baik jilid I dan II tidak lepas dari pertikaian di tingkat elit. Gubernur dan Bupati, saya mohon maaf. Tapi inilah fakta yang saya lihat di lapangan,” beber Guntur.

Dia mencontohkan, dalam konflik jilid I, ada kepentingan elit terkait pemilihan Bupati. Masing-masing ingin memobilisasi dukungan sehingga terjadi pertikaian di masyarakat.

Dia berpendapat, untuk memulihkan perdamaian di Poso semua pihak harus terlibat. “Perlu komunikasi dan kerja sama, sehingga ketidakakuran ini bisa kita selesaikan.,” cetus dia.

Selain itu pemerintah harus memperhatikan perekonomian dan kesejahteraan, serta meningkatkan taraf pendidikan masyarakat.

“Kalau ini dijalankan, maka ini bisa membantu meminimalisir persoalan. Ini seperti yang diinginkan oleh Hasanuddin (salah satu pelaku mutilasi 3 siswi Poso),” cetusnya lagi. ANT

No comments: