Friday, September 01, 2006

TMMD ke-77 Digelar di Kabupaten Poso

Jumat, 1 September 2006


Program TNI dalam meningkatkan diri dan selalu bersama masyarakat terus dilaksanakan, jika masa Orde Baru (Orba) program itu dinamakan ABRI Masuk Desa (AMD), kini program itu sudah berubah menjadi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Kabupaten Poso pada tahun 2006 ini mendapat kepercayaan oleh pimpinan TNI menjalankan program TMMD Ke-77 yang dipusatkan di Kecamatan Pamona Barat. Kepala bagian pembangunan Setdakab Poso Junifer Saguni SE Msi kepada Nuansa Pos Selasa (29/08) mengatakan, pelaksanaan TMMD Ke-77 yang akan dilaksanakan mulai tanggal 1 September 2006 mendatang bertempat di Kecamatan Pamona Barat, dimana terdiri dari 5 desa yakni desa Owini, Meko, Salukaya, Uranosari dan Toinasa. Adapun kegiatan TMMD itu sendiri meliputi kegiatan fisik itu kata Junifer, berupa pembangunan kantor desa, pembuatan deker, penghamparan jalan desa, pembangunan MCK, rehabilitasi balai desa dan pembangunan pos Babinsa TNI. Sementara non fisik meliputi penyuluhan dan ceramah berkaitan dengan bela negara, kesadaran hukum dan penyuluhan tehnis lainnya, baik itu dibidang kesehatan, pertanian maupun Keluarga Berencana (KB).

Thema TMMD Ke-77 yaitu dengan semangat kerja sama lintas sektoral, kita tingkatkan kesejahteraan rakyat dan ketahanan wilaya yang tangguh guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam rangka menjaga keutuhan NKRI dengan anggaran sebesar Rp. 664.104.000. "TMMD sendiri merupakan program Pemkot Poso yang dilaksanakan secara terpadu bersama TNI dan masyarakat dengan pola TMMD, " Jelas Saguni.

Dalam pelaksanaan TMMD, jumlah personil TNI sebanyak 150 orang, masyarakat terlibat langsung 500 orang dan hansip 50 orang. Acara puncak pembukaan TMMD akan dihadiri langsung oleh Pangdam VII Wirabuana Mayjen Arif BS. (Np12)

No comments: